Cari Blog Ini

Minggu, 10 Juli 2011

ASAL AKSESORIS GELANG


       Gelang, dikenal sebagai pemanis untuk tangan Anda selain arloji. Terbuat dari berbagai macam bahan dan desain, gelang membuat penampilan fashionable Anda makin sempurna. Tak hanya dalam dunia fashion saja ternyata, gelang ternyata dipercaya memiliki manfaat kesehatan, perlindungan diri dan identitas sosial suatu kelompok tertentu. Hmm... ternyata benda sederhana yang kerap melekat di tangan Anda itu, istimewa juga ya.

Dari mana sih gelang ini muncul?


        Tak bisa dipastikan asal muasal pertama gelang muncul, karena tiap negara memiliki sejarah munculnya benda fashion yang satu ini. Namun dilihat dari sejarah secara umum, gelang yang dalam bahasa asing ini disebut bracelet ternyata berasal dari kata brachile (bahasa latin) yang berarti 'terletak di lengan'. Dan pada saat itu, dipercaya oleh penduduk Amerika Latin bahwa gelang melindungi bayi mereka dari setan, untuk itu setiap bayi akan mengenakan gelang di bagian lengannya.

Sedikit berbeda dengan penduduk Amerika Latin, penduduk di Asia dan Eropa lebih percaya bahwa gelang melindungi seseorang dari kesialan. Si pemakai akan dijauhkan dari aneka kesialan dan jauh lebih beruntung daripada mereka yang tidak mengenakan apa-apa di lengannya.

Di Mesir, gelang selain sebagai perlengkapan yang dipercaya penting dan sakral dalam agama atau kepercayaan mereka juga menunjukkan identitas sosial si empunya. Semakin tinggi derajat pemakai, maka gelang akan semakin istimewa, berlapis emas dan bertahtakan permata.

Dengan segala latar belakang gelang dengan kepercayaannya masing-masing, saat ini kita mengenal beberapa macam gelang dengan desain yang sesuai dengan fungsinya yang sudah bergeser cukup jauh. Gelang lebih dikenal sebagai wardrobe fashion. Untuk itu saat ini terdapat lebih banyak bahan dasar pembuatan gelang. Dan bahan tersebut disesuaikan dengan manfaat si gelang.

Yuk kita lihat perkembangan gelang yang ada saat ini.

Macam-macam gelang:


1. Charm Bracelet (gelang rantai berbandul)


        Pada umumnya gelang ini berbentuk untaian rantai dengan bandul-bandul kecil yang lucu, beraneka bentuk dan digantung di sepanjang rantai. Dapat berupa huruf-huruf, bintang, binatang, bunga atau bentuk-bentuk lucu nan manis. Anda bisa memberikannya pada seseorang istimewa sebagai hadiah pralambang cinta, atau persahabatan.

2. Sport Bracelet (gelang sporty)


       Dipopulerkan oleh perusahaan perlengkapan olah raga, Nike, dibuat berbahan karet silikon, pada awalnya diperuntukkan bagi para atlet agar mempermudah mereka bergerak saat melakukan kegiatan olah raga. Namun saat ini gelang ini telah digunakan oleh banyak orang dan dijual secara massal. Bahkan gelang ini kerap digunakan sebagai media produk tertentu dengan mencetak nama perusahaan/produk mereka di atasnya.

3. Bangle (gelang bangle)

         Anda mungkin mengenal bahwa suku Madura mengenakan gelang ini, di tangan maupun di kaki. Dahulu bangle terbuat dari emas, namun seiring dengan perkembangan fashion, mulai dari manik-manik, plastik, hingga kayu dan perak dipergunakan sebagai bahan dasarnya. Dikenakan di bagian lengan di bawah siku, bangle memberikan tampilan yang menarik bagi Anda.

4. Slap Bracelet

       Gelang ini cukup populer di dunia barat sekitar tahun 80'an lalu. Bahannya yang lentur membuat Anda tak perlu bingung memilih ukuran. Cukup lekatkan pada pergelangan tangan, maka secara otomatis tangan Anda akan dibalutnya dengan rapi, namun tidak terasa sakit, dan tak perlu pengait.

5. Beaded Bracelet (gelang manik-manik)

Terbuat dari manik-manik dengan aneka ornamen pelengkap, seperti lonceng, pita dan pengait. Bahan manik yang berasal dari stainless steel, batu-batuan, kristal, kayu maupun plastik disusun sedemikian rupa dengan aneka warna, menjadi gelang yang indah dan menarik.

6. Gelang besi bakar


Terbuat dari perak bakar atau bahan besi bakar yang di hiasi dengan batu alam atau batu sintesis.

silahkan pilih gelang mna yg pas buat anda ? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar